BRI Liga 1: Persebaya Surabaya Raih Poin Penuh Atas PSS Sleman

Nanggroe.media | Pekan ke-24 BRI liga 1 2022/23 mempertemukan Persebaya Surabaya vs PSS Sleman di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2/23) sore WIB.

Persebaya Surabaya berhasil meraih point penuh ketika menjamu PSS Sleman dengan hasil akhir 4-2 atas kemenangan Persebaya Surabaya. Persebaya tampil lebih mendominasi sejak awal pertandingan sehingga kemenangan untuk Persebaya pun tak dapat dipungkiri.

Dengan hasil ini, Persebaya naik ke peringkat enam klasemen sementara BRI Liga 1 2022/23 dengan 37 poin dari 22 pertandingan, sementara PSS Sleman tertahan di peringkat 12 dengan raihan 28 poin dari 24 pertandingan.

Jalannya Pertandingan

Persabaya tampil lebih mendominasi sejak awal dimulainya laga, Persebaya Surabaya mencoba untuk terus menekan PSS Sleman. Namun kokohnya pertahanan yang diciptakan PSS Sleman membuat Persebaya Surabaya kesulitan dalam mencetak angka.

Peluang berbahaya pertama di laga ini tercipta di menit ke-21 melalui tendangan keras Ze Valente dari luar kotak penalti. Namun Ega Rizky yang bertugas di bawah mistar gawang PSS sigap menepis peluang berbahaya tersebut.

Dua menit berselang, Ega Rizky kembali membuat penyelamatan krusial untuk menggagalkan pergerakan Sho Yamamoto yang lolos dari jebakan offside.

Di menit ke-37, Michael Rumere nyaris membobol gawang PSS. Namun sayang tembakannya di depan gawang PSS malah melambung tinggi.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, Persebaya akhirnya mencetak gol pertamanya sebelum babak pertama usai. Usai mendapatkan umpan lambung dari Sho Yamamoto, Ze Valente berhasil menyambar umpan itu ke gawang PSS. Skor sementara 1-0 atas keunggulan Persbaya Surabaya

Tidak ada lagi gol yang tercipta, skor 1-0 bertahan dan menutup jalannya pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persebaya tampil dengan cekatan. Persebaya Surabaya berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-ke-56. Gol dicetak oleh Michael Rumere usai berhasil memaksimalkan umpan dari Sho Yamamoto. Skor menjadi 2-0 atas keunggulan Persebaya Surabaya.

Tak sampai disitu, Persebaya Surabaya pun kembali mencetak gol pada menit ke-59. Lagi-lagi umpan cantik dari Yamamotto berhasil di eksekusi oleh Ze Valente ke dalam gawang PSS Sleman. Persebaya Surabaya makin unggul jauh dengan skor 3-0.

PSS Sleman yang tertinggal 3-0 pun tak tinggal diam, dan mencoba untuk mengejar ketertinggalan. . Pada menit ke-67, pemain pengganti Haris Tuharea berhasil memperkecil kedudukan memanfaatkan umpan dari Yehven Bokhashvili. Skor berubah menjadi 3-1.

Gol Haris Tuharea itu membuat PSS semakin bersemangat menyerang. Di menit ke-81, Yehven Bokhashvili sukses mencetak gol kedua PSS di laga ini setelah tendangan dari Jonathan Cantillana yang tidak sempurna diteruskan sang striker ke gawang Persebaya. Skor menjadi 3-2.

PSS Sleman yang hampir menyamakan kedudukan dipatahkan oleh Persabaya Surabaya. Di masa injury time, pemain pengganti Persebaya, Januar Eka Ramadhan berhasil menjebloskan bola umpan dari Ze Valente ke gawang PSS Sleman sehingga Persebaya memperjauh ketertinggalan 4-2.

Tidak ada lagi gol yang tercipta, skor 4-2 atas kemenangan Persebaya Surabaya bertahan hingga wasit membunyikan peluit tanda berakhirnya permainan.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Ernando Ari, Altariq Ballah, Rizky Ridho, Leo Lelis, Koko Ari Araya, Ze Valente, Alwi Slamat, Sho Yamamoto, Muhammad Iqbal, Supriadi, Michael Rumere
(Coach: Aji Santoso)

PSS Sleman: Ega Rizky, Bagus Nirwanto, Dedi Gusmawan, Nur Diansyah, Marckho Merauje, Jihad Ayoub, Kim Kurniawan, Rachmad Hidayat, Manda Cingi, Muhammad Suryawan, Yehven Bokhashvili
(Coach: Seto Nurdiantoro)

Komentar