Gunung Sumbing Terbakar, 44 Pendaki Dievakuasi

WONOSOBO | Kebakaran kembali terjadi di Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Kepala BPBD Wonosobo Bambang Trie mengatakan bahwa ada sejumlah 44 pendaki gunung Sumbing dievakuasi turun dari gunung tersebut. Dari jumlah tersebut pendaki berasal dari jalur yang berbeda yaitu Reco dan Besecamp Lamuk.

“Kami memantau untuk pendaki yang ada di gunung sumbing dari Garung, Reco ada 37 orang dan dari Besecamp Lamuk ada 7 orang,” Kata Bambang Trie seperti dikutip dari Detik.com Sabtu (2/9/2023).

Bambang Trie mengatakan bahwa pihak nya sudah melakukan koordinasi dengan pengelola basecamp untuk melakukan evaluasi para pendaki. Baik dari jalur Reco maupun jalur Lamuk.

Baca Juga : Disebut Backingi Toko Obat Tramadol di Tangerang, Akhyar Kamil Buka Suara

“Kepada basecamp supaya mengkondisikan agar para pendaki untuk turun. Juga basecamp Lamuk juga bisa evakuasi tujuh pendaki untuk turun,” kata dia.

Sementara untuk jalur pendakian Gunung Sumbing via Banyumudal saat ini nihil. Selain pendaki tersebut, tidak ada warga sekitar yang berada di ladang dekat dengan lokasi kebakaran. Mengingat saat kejadian sudah sore.

“Untuk jalur Banyumudal saat ini nihil. Kalau warga juga tidak ada karena kejadian kebakaran ini sudah sore,” terangnya.

Bambang menyebut lokasi kebakaran tepatnya berada di petak 29. Lokasi ini jauh dari pemukiman warga.

“Lokasinya di petak 29. Kalau jarak dengan pemukiman jauh. Jadi untuk pemukiman warga aman,” tutupnya

Komentar