ODGJ Bawa Kabur Mobil Ambulance Puskesmas Di Aceh Tengah

ACEH TENGAH | Salah seorang yang belum diketahui identitasnya, diduga Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) membawa kabur mobil ambulance milik Puskesmas Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh sekira pukul 22:00 WIB.

Diketahui ODGJ yang sebelumnya membawa kabur mobil ambulance tersebut, ke arah Linge. Pasien itu sempat mengamuk ketika hendak dibawa ke RSUD Datuberu Takengon.

Informasi yang diterima Nanggroe.media bahwasanya Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, SIK membenarkan kejadian tersebut.

“Pasien ODGJ membawa kabur mobil ambulance tersebut ketika hendak dirujuk ke RSUD Datuberu, tepatnya di Kampung Mendale, Kebayakan” kata Kapolres Dody Indra Eka Putra.

Ia menyebutkan, mobil berjenis APV dengan Nopol BL 9072 GB milik Puskesmas Kecamatan Bintang yang telah di bawa kabur.

Kapolsek Linge IPDA Sofyan Kurniawan, SH.,MH saat dikonfirmasi Nanggroe.media pada Kamis, (07/09/23) menyampaikan bahwa pasien tersebut, saat itu datang menemui pihak Koramil 04 Bintang dengan mengendarai sepeda motor jenis Beat dari arah Takengon.

Pasien itu meminta kepada personil piket saat itu untuk mengantarkannya pulang ke Blang Kejeren, dengan alasan tak berani pulang sendiri.

Kapolsek Linge IPDA Sofyan melanjutkan, melihat gerak gerik yang bersangkutan mencurigakan dan kurang jelas pada saat diajak komunikasi. Lalu pihak personil piket Koramil 04 Bintang langsung berkoordinasi dengan pihal personil Polsek.

Pihak Polsek Bintang mencoba untuk berkomunikasi lebih lanjut, namun komunikasi tersebut tidak nyambung.

Pria yang bersangkutan itu memaksakan diri untuk berangkat pulang, jika dibiarkan khawatir akan terjadi hal-hal tak diinginkan. Lalu personil berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Bintang agar menjemput dan memeriksa kesehatan pasien.

Katanya lagi, pihak Puskesmas melakukan pemeriksaan dan berencana akan dirujuk ke RSUD Datuberu Takengon guna diberikan penanganan yang lebih intensif.

Mengingat untuk penanganan dan fasilitas pasien ODGJ hanya ada di RSUD Datuberu.

“Di daerah Mendale, yang bersangkutan mengamuk dan tidak dapat diamankan (melakukan perlawanan) serta merampas dan membawa kabur mobil ambulance.” Ujar IPDA Sofyan Kurniawan selaku kapolsek Linge.

“Sekira pukul 24:30 WIB, yang bersangkutan ODGJ beserta mobil ambulance itu telah dapat diamankan oleh personil piket Polsek linge,” Tutup IPDA Sofyan.

Komentar