Amerika Jual 105 Jet Tempur Siluman F-35 ke Jepang

Nanggroe.net, Jakarta | Amerika Serikat (AS) mengizinkan penjualan jet tempur F-35 kepada Jepang. Ada 105 unit jet tempur yang akan di beli oleh negeri sakura tersebut. Dalam kesempatan penjualan itu ditaksirkan senilai US$ 23,11 miliar (Rp 3,1 triliun).

Dilansir dari AFP, Sabtu (11/7), Departemen Luar Negeri AS dalam pernyataan mengatakan bahwa Jepang mengajukan pembelian pesawat 63 unit jet tempur siluman berjenis F-35A dan 42 jet tempur siluman jenis F-35B.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat dikabarkan bahwa pemerintah AS telah memberikan lampu hijau untuk transaksi pemebelian jet siluman F-35B tersebut.

Baca Juga : Dalam Setahun China Berencana Bangun 6-8 Reaktor Nuklir

Menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) bahwa pembelian jet itu untuk meningkatkan keamanan sekutu utama di kawasan Asia Pasifik.

“Hal itu Penting bagi kepentingan Amerika Serikat dalam membantu Jepang untuk mengembangkan dan menjaga kemampuan pertahanan diri yang kuat dan juga efektif”, imbuh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Dalam pertahanan Jepang anggaran tahun 2020/2021 mencetak rekor sebesar US$ 50,3 miliar. Dan tersebut ditargetkan untuk mendanai pembelian jet tempur dan rudal pertahana mengingat Hepang menghadapi ancaman dari Korea Utara dan China.

Baca Juga : China Buka Markas Keamanan di Hong Kong Dibawah UU Keamanan Nasional Baru

Negeri Sakura dalam menanggapi modernisasi militer China yang semakin cepat, pemerintah Jepang telah memutuskan dalam mendapatkan pesawat jet itu sebagai pertahan dalam satu dekade ke depan.

Pada akhir tahun 2018, pemerintahan Jepang menyetujui terhadap rencana lima tahun yang mencakup adanya dua kapal induk dalam persenjataan, merupakan yang pertama kali sejak akhir Perang Dunia ll.

Komentar