Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Perumahan Warga Di Bener Meriah

BENER MERIAH | Sejumlah rumah warga dan bangunan infrastruktur pemerintah di Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, Aceh rusak akibat angin puting beliung yang melanda wilayah setempat, peristiwa itu terjadi pada Jum’at, (17/11/23) sekitar pukul 16:00 WIB.

Beberapa fasilitas bangunan yang rusak tersebut diantaranya termasuk delapan unit rumah dinas Kodim 0119, 14 blok sel tahanan Rutan Kelas IIB Bener Meriah dan rumah warga.

Informasi yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah merincikan sebanyak empat unit rumah warga Kampung Wih Pesam rusak berat pada peristiwa itu.

Lebih lanjutnya, angin puting beliung juga turut merusak satu unit rumah warga di Kampung Wonosobo, delapan unit rumah di perumahan Kodim 0119 Bener Meriah, dua unit warung kopi, satu unit studio senam, dan satu unit TK RA IT.

Angin puting beliung juga merusak 14 blok sel tahanan dan satu unit pos utama Rutan Kelas IIB Bener Meriah. Empat Kepala Keluarga (KK) di Kampung Wih Pesam terpaksa mengungsi ke Meunasah akibat rumahnya rusak diterpa angin.

“Di Kampung Wih Pesam sebanyak empat unit (rumah) mengalami rusak berat, sedangkan di Kampung Wonosobo sebanyak 28 unit,” ujar Kalaksa BPBD Bener Meriah, Safriadi dalam laporannya.

Sementara, Dandim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan, SE.,M.Han melalui Kasdim Mayor Inf M. Indra Syahputra menjelaskan Untuk Desa Wonosobo sebanyak sebelas (11) unit rumah mengalami rusak berat dan ringan termasuk asrama Kodim 0119/BM dan Desa Wih Pesam empat (4) unit rumah serta Rutan Bener Meriah dimana kerusakan tersebut terangkatnya atap seng dan kanopi serta patah dan tumbangnya satu batang tiang listrik di perumahan Kodim.

Pada peristiwa kejadian bencana alam angin puting beliung tersebut tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Kasdim merincikan, setelah di data kerugian ditaksir sekitar ratusan juta rupiah dan diketahui pemilik rumah di Desa Wih Pesam antara lain Sdr Kasiran (38), Agussalim (35) dan Sdr Aida Fitri (48), Shinta (40) rumah tidak dihuni.

Sedangkan rumah yang rusak di Desa Wonosobo milik Sdr. Trimo (55), Lukman (58), Saiful Bahri (40) Indra Prinato (25) dan perumahan dinas asrama kodim dihuni oleh Letda Inf Muslim, Kopda Hendra, Kopda Khairil, Serka Nasril, Serka Torang, Sertu Andika dan Praka Alpin.

Saat ini, Kasdim menyebutkan, kita sudah mendirikan tenda posko di sekitar Makodim dan personil untuk sementara tinggal di Mess Kodim 0119/BM serta sebagian bermalam di rumah orang tua atau mertua serta sanak family.

Data tersebut sudah juga dikoordinasikan oleh BPBD Bener Meriah,” tutup Kasdim.

Komentar