BKM-Baiturrahmah Bayi Peringati Nuzulul Qur’an 17 Ramadan 1442 H

Nanggroe.net, Aceh Utara | Meski berlangsung sederhana namun penuh rahmat, Badan Kemakmuran Maajid (BKM) Baiturrahmah Gampong Bayi, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara gelar acara Peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 H pada Rabu (28/04/2021).

acara yang digelar Tidak luput dari Protokoler Kesehatan dengan menjaga jarak, pakek masker dan cuci tangan pakai sabun. Kegiatan ini dihadiri para jamaah yang ada dilingkungan kemasjidan Baiturrahmah antara lain, jamaah dari Gampong Cot Barat, Hagu, Bayi, Alue Gampong dan Gampong Alue Sijuek Kecamatan Tanah Luas.

Ketua BKM Baiturrahmah, Husaini, S. Pd. Mpd. mengatakan, telaksananya acara buka pausa bersama pada 17 Ramadhan 1442 H ini berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dalam maupun luar daerah.

“Allhamdulillah, dengan menyumbangkan sebagian harta kepada orang yang lebih membutuhkan adalah sikap baik yang telah mengamalkan anjuran Allah. Memberikan sebagian harta bukan berarti kita sengaja mengurangi dan merasa tidak butuh akan harta tersebut, melainkan munculnya kesadaaran diri bahwa ada amanah yang perlu disampaikan dalam setiap harta dan nikmat yang telah Allah berikan”, tuturnya.

Baca Juga:

Ikatan Mahasiswa Bidikmisi KIP K UIN Ar-Raniry Gelar Sahur On The Road Bersama Imabid / Kip-K

Dia juga menambahkan bahwah “Sedekah yang paling utama adalah memberi makan dan minum orang lain. Pahala yang paling besar adalah membuka puasakan orang lain. Karena itu, berlomba-lombalah dalam meraih pahala membukapuasakan orang lain, meski hanya dengan segelas air. Sebab, pahala orang yang memberi makan dan minum orang berpuasa, sama seperti dengan berpuasa seharian”, tambahnya.

Selain itu, Imam Masjid Baiturrahmah Tgk. H. Tarmizi menambahakan ” Ada banyak sekali kelebihan yang di peroleh dimalam Nudhulul Qur’an, antara lain:

  1. Membaca Al Quran
  2. Tadabur Al Quran
  3. Sholat Malam
    Ada banyak keutamaan melaksanakan sholat malam, terutama di bulan Ramadhan. Di antaranya, dosa kita diampuni atas izin Allah.
  4. I’tikaf
    Berdiam diri di masjid (i’tikaf) juga menjadi amalan yang dianjurkan ketika malam Nuzulul Quran. Amalan yang bisa kita kerjakan selama i’tikaf ialah membaca Al Quran beserta maknanya, berdzikir, berdoa, atau melaksanakan sholat malam”, tutupnya.

Komentar