Irigasi Kering, Masyarakat Matang Panyang Tanam Pisang Sebagai Aksi Protes 

Aceh Utara, NANGGROE.MEDIA – Petani Gampong Mantang Panyang Kecamatan Baktiya Barat, Kabupeten Aceh Utara mengeluhkan irigasi untuk mengairi sawah mereka tak mengalir hampir satu tahun.

Para petani yang ada di Kecamatan Baktinya Barat khusus Gampong Matang Panyang sudah lima tahun lebih mengalami kekurangan air sehingga para petani tidak mendapatkan hasil panen yang baik (gagal).

“5 tahun petani selalu kekurangan air, air cuman ada di irigasi pada saat pertama kali tanam, kemudian setelah itu air tidak ada lagi, sehingga para petani selalu gagal panen,” ujar masyarakat Gampong Matang Panyang yang tak ingin disebutkan namanya kepada Nanggroe.media

Dalam vidio yang di terima oleh wartawan Nanggroe.media dengan durasi 1 menit 5 detik tersebut terlihat irigasi dipenuhi dengan rumput bahkan irigasi sawah tersebut juga terlihat ada beberapa yang sudah mengalami kerusakan.

Selain itu, masyarakat Gampong Matang Panyang juga melakukan aksi protes terhadap pemerintah dengan menanamkan pohon pisang di sepanjang irigasi sawah.

Ia juga menyampaikan bahwa persediaan air irigasi sawah di Gampong Matang Panyang baru banyak ketika memasuki bulan 12, dikarena sudah memasuki musim hujan.

“Air baru banyak ketika bulan 12, itupun karena sudah banjir di Lhoksukon, baru dilepas airnya,” ujarnya

Ia juga berharap kepada pemerintah memberikan perhatian khusus kepada petani yang tidak bisa menanam padi, dan bisa segera mengalirkan air ke irigasi sawah begitupun juga dengan beberapa irigasi yang sudah rusak untuk di perbaiki.

“Masyarakat menilai kurangnya kepedulian pemerintah dan dinas terkait hingga air tak kunjung tiba di desa Mantang panyang, dan beberapa desa lain juga yang berdampak sama sehingga masyarakat tidak bisa memfungsikan lahan sawah untuk menanam padi,” ujarnya

Masyarakat berharap kepada pemerintah agar memperhatikan nasib para petani. Pemerintah bisa mencari solusi, agar persoalan keringnya air di irigasi Sawah bisa terselesaikan dan perekonomian masyarakat setempat bisa stabil.

Komentar