Pelajar di Takengon Ikuti Wasbang Pemahaman Cegah Tangkal Radikalisme – Separatisme

Nanggroe.media | TAKENGON – Siswa dan siswi SMK Negeri 1 Takengon mengikuti kegiatan Wasbang (wawasan kebangsaan) dengan tema “Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme”, kegiatan itu digagasi oleh Kodim 0106 Aceh Tengah yang berlangsung di Aula SMK Negeri 1 Takengon, jalan Lebe Kader, Lr Sejahtera No 13 Kampung Blang Kolak I, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah pada Selasa (22/10/2024).

Kegiatan komsos Cegah Tangkal Radikalisme – Separatisme semester II tahun anggaran 2024 ini dilakukan di wilayah Kodim 0106 Aceh Tengah.

Diawal kegiatan Wasbang itu Kepala SMK Negeri 1 Takengon dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan wasbang seperti ini sangatlah penting dan sebagai wahana untuk memupuk rasa nasionalisme anak-anak didiknya.

Menurutnya, wawasan kebangsaan sangat perlu bagi anak-anak, karena mengandung bela negara menjunjung tinggi UUD 1945 jiwa nasionalisme serta mencegah radikalisme, artinya ini sejalan dengan program sekolah kita untuk tumbuh kembang serta prinsip yang tertanam dalam jiwa bagi pelajar.

“Kami juga sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 0106 Aceh Tengah sehingga pelajar dapat berpartisipasi dalam membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI,” ucapnya.

Kemudian Dandim 0106 Aceh Tengah yang diwakili oleh Pasi Pers Kodim 0106 Aceh Tengah Kapten Inf Iwan Mulyawan menyampaikan wawasan kebangsaan (wasbang) ini perlu diberikan mulai sejak dini, karena siswa pelajar merupakan sebuah aset bangsa yang sangat berharga sehingga perlu dijaga keberadaannya dari bahaya paham radikalisme dan terorisme.

“Pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara sehingga perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut,” ujar Kapten Iwan.

Menurutnya, pelajar adalah sebagai agen perubahan, nantinya akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini. Oleh karenanya sangat penting ditanamkan nilai-nilai nasionalisme, patriotisme dan bela negara.

Selain itu guna meredam hingga mengantisipasi intoleransi yang dapat berkembang menjadi radikalisme tersebut, Kapten Iwan meminta para siswa SMK Negeri 1 Takengon untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sangat penting dilakukan baik di tataran hidup bernegara maupun bermasyarakat.

“Untuk itu, nilai-nilai Pancasila marilah kita terapkan dalam berbagai aspek kehidupan bahkan di lingkungan sekolah. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga semua warga negara wajib mengerti dan mengetahui Pancasila sebagai dasar negara,” pintanya.

Pada saat kegiatan tersebut berlangsung tampak dihadiri Pasi Pers Kodim 0106/Ateng Kapten Inf Iwan Mulyawan, Kepala Sekolah SMKN 1 Takengon, Hajarussalam, Mpd, Pasi Intel Kodim 0106/Ateng Kapten Inf Subekti, Danramil 05/Linge Letda Inf Muklis, Wakil Kesiswaan SMKN 1 Takengon Indera, SE, Waka Humas SMKN 1 Takengon Tubagus Fani Putri, Spd dan para pelajar putra dan putri SMKN 1 Takengon.

Komentar