Pemkot Aceh soal Presiden Jokowi Larang Pejabat Bukber: Kami Tindak Lanjuti

BANDA ACEH | Pemerintah Kota Banda Aceh akan mematuhi instruksi Presiden Jokowi terkait larangan buka puasa bersama (bukber) di bulan Ramadhan.

Pj Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq, mengatakan mereka segera menindaklanjuti surat edaran dari pusat mengingat kondisi negara saat ini sedang memulai proses transisi dari pandemi ke endemi.

“Pemerintah menyarankan agar kita ini khususnya untuk para pejabat agar sederhana tidak bermewah-mewahan, sehingga yang diimbau ini betul-betul dari aspek kesehatan untuk kita menjaganya. Kami tetap menindaklanjuti apa yang telah diserukan oleh pemerintah pusat,” kata Bakri, Jumat (24/3/2023).

Namun Bakri tidak menyatakan secara tegas apakah maksud larangan dari Pemerintah Pusat juga akan berlaku bagi ASN di lingkungan Pemkot Banda Aceh.

“Bukan melarang, menindaklanjuti dari surat pemerintah pusat. Kepada ASN yang di Banda Aceh untuk lebih sederhana. Silakan kalau ada dalam keluarga 1, 2, 3 orang, ya biasa saja ini kan,” ujarnya.

Akan tetapi, Bakri tetap meminta kepada ASN supaya tidak bermewah-mewahan dan tetap sederhana. Dirinya mencontohkan seperti pimpinan negara saat ini.

“Kita lihat pimpinan kita sederhana, makanya dari pusat sampai ke kita ikut apa yang menjadi arahan,” ucap dia

“Khusus untuk ASN dan kepala daerah sudah ada imbauan agar menindaklanjuti apa yang menjadi instruksi Pemerintah Pusat,” kata Bakri.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengeluarkan surat berisi arahan Presiden Jokowi agar menteri koordinator (Menko), menteri, dan kepala badan/lembaga pemerintah tidak melakukan buka puasa bersama.

Hal ini karena Indonesia yang dalam masa transisi dari pandemi COVID-19 ke endemi sehingga perlu kehati-hatian.

Sedangkan dalam paparan di YouTube, Pramono menjelaskan alasan lainnya, yaitu pejabat pemerintah dan ASN sedang mendapat perhatian tajam dari masyarakat karena mencuat beragam aksi pamer harta yang mencurigakan di media sosial. Sehingga mereka diminta berbuka puasa dengan pola yang sederhana.

“Sehingga dengan demikian intinya adalah kesederhanaan yang selalu diberikan contoh oleh Presiden itu merupakan acuan yang utama,” kata Pramono.

Sumber: Kumparan

Komentar