Peringati Word Clean Up Day 2023, DLH Bener Meriah Ajak Masyarakat Bersihkan Sampah

BENER MERIAH | Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bener Meriah, melakukan pembersihan sampah di sejumlah ruas jalan, dalam rangka memperingati Word Clean Up Day (WCD) atau hari bersih sedunia. Selasa, (19/9/2023).

Dalam hal itu, DLH Kabupaten Bener Meriah mengajak ratusan masyarakat untuk melakukan aksi bersih-bersih sampah dalam rangka memperingati hari bersih sedunia (Word Clean Up Day).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bener Meriah, Hj.Susnaini, S.Ag mengatakan kepada Nanggroe.media kegiatan tersebut dilaksanakan di dua titik lokasi yaitu di Kampung Godang menuju Kampung Panji Mulie Satu, Kecamatan Bukit, dan di Kampung Teritit menuju Kampung Merie Satu, Kecamatan Weh Pesam.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan di sepanjang jalan daerah tersebut, serta sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, untuk menjaga kebersihan lingkungan,” kata Susnaini.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, warga juga lebih sadar untuk menjaga lingkungannya supaya tetap bersih.

“Kami mengimbau masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan dan lakukan manajemen pengelolaan sampah sehingga lingkungan kita bisa lebih baik,” tuturnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran DLH Bener Meriah, Surahman, SIP, MAP, menambahkan kegiatan tersebut di mulai pukul 08.00 WIB.

“Selain personel DLH, kegiatan ini dihadiri juga oleh, Forkopimcam Bukit, dan aparatur kampung serta masyarakat setempat,” kata Surahman kepada Nanggroe.media Rabu, (20/09).

Surahman menjelaskan hari bersih-bersih merupakan salah satu gerakan sosial yang menggerakkan masyarakat dan kegiatan ini telah dimulai pertama kali pada tahun 2008.

“Gerakan ini, dimulai oleh sejumlah relawan di Estonia, dan menginspirasi banyak negara. Termasuk, Kabupaten Bener Meriah, telah mengikuti selama dua tahun terakhir,” ujarnya.

DLH Kabupaten Bener Meriah menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat, akan sadar dengan sampah.

Diharapkan, kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah di jalanan. Hal itu suatu perilaku yang tidak mencerminkan kehidupan yang asri.

Komentar