Unit Intelijen Korem Lilawangsa Periksa Puluhan Kendaraan Dinas Prajurit

REDELONG | Tim Pengamanan Staf Intelijen Korem 011/LW melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dinas (randis) Kodim 0119/BM. Pemeriksaan puluhan kendaraan dinas tersebut dilakukan dihadapan Dandim 0119/BM yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Inf M. Indra Syahputra.

Pemeriksaan kendaraan dinas yang diperiksa itu meliputi, kelengkapan dan perlengkapan

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kendaraan bermotor dinas militer yang diperiksa, diselenggarakan di halaman Makodim setempat pada Selasa, (12/09/23).

Komandan Kodim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan S.E., M.Han melalui Kasdim mengatakan kepada Nanggroe.media, kegiatan tersebut bertujuan menghindari Accident (kecelakaan) dimana kejadian tak terduga dapat terjadi yang mengakibatkan cedera serius atau sakit pada Prajurit TNI dimana kecelakaan yang nyaris atau hampir tidak bisa dihindari pada saat berkendaraan akibat kelalaian manusia atau human error.

Selain pemeriksaan, juga meliputi surat kendaraan dan surat pengguna kendaraan diperiksa dan dicek secara fisik oleh Tim pengamanan Korem 011/LW tujuannya agar meminimalisir pelanggaran dalam berkendaraan.

“Prajurit TNI selalu diingatkan dalam mengendarai kendaraan dinas militer yaitu 16 tugas pengemudi diantaranya, kondisi mesin, sistem pelumas, sistem pendingin, sistem pembakaran, karburator, sistem pengapian, instalasi listrik, sistem kemudi, accu/baterai dinamo, dinamo start, penerangan, kopling, percepatan, as gardang, kerangka pegas, baut mur rem serta ban dan alat perkakas kendaraan lainnya.” Ucap Kasdim.

Dalam hal ini, sering kita ingatkan kepada Prajurit, jangan sepele atau mengabaikan tugas pokok pengemudi.

Pastikan kembali surat kendaraan dan fungsi kendaraan berfungsi dengan baik dan normal untuk mencegah terjadinya accident dalam berkendaraan yang dapat menyebabkan kerugian baik personel maupun materil.

Komentar