Yayasan SD IT Insan Qur’ani Bener Meriah Tampilkan Ajang Seni Kreasi Anak

BENER MERIAH | Pendidikan merupakan usaha dasar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, ilmu hidup, pengetahuan umum serta keterampilan yang diperlukan pada dirinya.

Seperti halnya, SD IT Insan Qur’ani Bener Meriah menyelenggarakan festival Ajang Seni Kreasi Anak (ASKA) ke-3 tingkat Sekolah Dasar yang dilaksanakan di GORS Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Aceh pada Sabtu, (18/05/2024).

Kegiatan Ajang Seni Kreasi Anak (ASKA) ke-3 ini diselenggarakan guna menciptakan generasi bangsa yang berakhlak, berilmu, serta berkarakter dengan berpedoman pada ahlak Rasulullah Saw. Dan menumbuhkan, mengembangkan potensi anak didik untuk kedepannya mampu berprestasi dalam pendidikan bidang seni dan kreatif.

Acara Ajang Seni Kreasi Anak (ASKA) tersebut menampilkan berbagai seni seperti tarian adat, kesenian, drama, musikal, pidato dan lainnya yang diperankan oleh anak didik SD IT Insan Qur’ani, serta pameran-pameran kreasi hasil karya yang dibuat dan sekaligus disaksikan oleh ratusan para wali murid.

Pimpinan Yayasan SD IT Insan Qur’ani Bener Meriah Moh Sofyan, SEI saat diwawancarai Nanggroe.media menyampaikan Yayasan SD IT Insan Qur’ani mengadakan kegiatan ajang seni kreasi anak yang ke 3 bertujuan mendidik anak secara langsung agar berkarakter sesuai dengan kemampuan anak-anak.

Ia menyebutkan, ajang seni kreasi anak ini menampilkan berbagai penampilan seperti menari, drama, musikal, pidato. Dengan ajang seni ini semangat anak untuk belajar, dan kita pun jelas berharap anak akan menjadi anak harapan orang tua semuanya.

“Alhamdulilah ada 17 ajang pentas seni yang ditampilkan dari drama, musikal, tarian lengkap. Apalagi ada unggulan kita terkait hafalan Al-quran terutama sistem metode ummi,” jelas Sofyan saat diwawancarai.

Pantauan Nanggroe.media saat berada dilokasi ratusan wali murid dan pengunjung memadati gedung menyaksikan ajang pentas seni kreasi anak dan pameran-pameran hasil karya yang digelar tersebut.

Sementara Kepala Sekolah SD IT Insan Qur’ani Ermaini, Spd juga menyampaikan bahwa kegiatan Ajang Seni Kreasi Anak ini sudah berlangsung sejak 2 tahun sebelumnya, jadi kegiatan ini berjalan yang ke 3. Melalui kegiatan ASKA ini akan menarik minat beserta bakat anak didik.

Ia mengatakan kegiatan ASKA ini dilakukan setiap setahun sekali yang mana bertujuan untuk menunjang kemampuan anak di bidang karakternya masing-masing.

“Untuk tahun ini mengalami peningkatan, karena jumlah peserta kita awalnya masih sekitar 200-an dan diperkirakan orang tua murid yang hadir sekitar 400-san. Namun yang sekarang ini siswa nya sebanyak 329 bisa dibayangkan orang tuanya hampir diperkirakan lebih dari itu,” ucapnya.

Selanjutnya, diakhir acara kegiatan Ajang Seni Kreasi Anak (ASKA) itu terdapat salah satu siswa yang terpilih menjadi Duta karakter yang mana siswa tersebut dinilai baik dalam proses belajarnya. Siswa yang terpilih yaitu bernama Arifitratu Zikri Fahri Kelas 4 Abu Bakar yang kemudian membawa piala bersama kedua orang tuanya.

Komentar